Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tabulapot Kelengkeng Pimpong



Klengkeng Pingpong merupakan salah satu jenis Klengkeng dataran rendah yang telah populer di tanah air. Sesuai namanya, Klengkeng pingpong bisa menghasilkan buah seukuran bola pingpong, dengan catatan harus dengan perawatan dan pemupukan intensif dan bener-bener ditanam di dataran rendah. Informasi yang saya peroleh dari rekan-rekan hobiis, pingpong yang ditanam didataran menengah,(diatas 400 dpl) akan memiliki ukuran buah yang kurang maksimal jika dibandingkan ditanam didaerah dataran rendah (dibawah 300 dpl).

Pingpong memiliki karakteristik yang berbeda dengan Klengkeng jenis lain. Daun yang lebih kecil dan menggulung merupakan ciri khas Klengkeng pingpong. Tajuk yang bersifat ngelacir dan percabangan yang sedikit juga merupakan ciri khasnya. 
Oleh karena buah terletak pada setiap cabang, maka produktivitas pingpong juga tergantung pada banyak sedikitnya percabangan. Jika menghendaki buah yang lebat, pemangkasan tajuk secara rutin mutlak diperlukan semenjak dini.
Terdapat 2 jenis pingpong di pasaran yang saya ketahui selama ini, pingpong jenis Thailand dan pinpong jenis Vietnam.

Karena sama-sama berlabel nama pingpong, sebenarnya kedua jenis ini relatif sama. Perbedaan mendasar terletak pada : bentuk daun dan karakter batang.
 

Pingpong Vietnam :
·         Memiliki ukuran daun yang agak besar / lebar dari pingpong Thailand.
·         Batang kokoh, sehingga tidak perlu ditopang ajir / penyangga bila ditanam di pot / lahan
·         Buah manis, aroma harum dan sedikit lebih banyak kadar airnya


Pingpong Thailand :
·         Ukuran daun lebih sempit dan agak kecil
·         Batang cenderung ngelacir dan kurang kokoh, sehingga perlu ditopang penyangga / ajir
·         Buah manis, aroma khas dan kadar air lebih sedikit (kering)
Itulah perbedaan utama yang ada pada 2 jenis pingpong tersebut, namun keduanya bila dilakukan perawatan intensif serta pemangkasan sejak dini, produktivitas tidak kalah dengan jenis Diamond River. Walaupun ukuran biji relatif agak besar juga, namun Klengkeng pingpong layak untuk dikebunkan dan dijadikan alternatif lain disamping jenis Klengkeng yang telah ada dipasaran. Sebagai informasi, hingga saat ini pasokan Klengkeng jenis pingpong di pasar swalayan masih sangat-sangat terbatas dan boleh dibilang belum ada, oleh karena belum banyak yang mengebunkan pingpong secara besar.

Para pekebun cenderung melihat pingpong kurang produktif. Namun pendapat itu tidak sepenuhnya betul. Dengan melihat karakter Pingpong Vietnam yang telah saya amati dan telah melihat contoh indukan koleksi milik kenalan, jenis ini layak untuk dikebunkan skala produksi.
Perbanyakan Pingpong Vietnam dapat dilakukan dari biji (3-4 tahun baru mulai produksi), sambung susu, okulasi dan Cangkok. Tidak seperti jenis Thailand, jenis Vietnam ini relatif mudah untuk dicangkok


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: